Tuesday, October 31, 2006

Critical versus Cynical (part 1)

Gue lagi kritis nih, in both ways.
Kritis sama hidup dan suka mengeritik. Dan korban gue saat ini adalah, again, Filmfilm Indonesia kesayangan gue.
Yah, gue kembali tergelitik dengan filmfilm yang buat gue wajib tonton ini.

Kalo mau ngomongin film bagus, kayanya udah banyak kan? apalagi bentar lagi ada FFI yang kadang jadi tolakukur dalam menilai sebuah film. Jadi gimana kalo kita ngomongin filmfilm di luar kategori bagus itu aja, yuuk!

Well, film Indonesia yang bisa gue kategoriin sebagai not-my-type-kinda-movies ( kalo nggak mau ngedoktrin as film terburuk) adalah :

1. Apa Artinya Cinta
2.Heart

3.Dealova
4.Ketika
5.Virgin


Hey, jangan langsung protes. I have this whole arguments ;)

Gue menilai Virgin nggak oke karena gue menemukan satu adegan yang sangat persis dengan film Coyote Ugly (2000) yaitu ketika adegan di klab malam, orangorang lagi ribut, tibatiba Bian (Laudya C.Bella) naik ke meja bar dan mulai nyanyi serta ngajak orangorang buat joget sampe akhirnya berhenti berantem. Well, that exact scene just a coincidence or what, i dont even know..

Ketika, film besutan Dedy Miswar yang berusaha menyentil koruptor yang pada masa itu lagi gencargencarnya diberitakan, gue tonton di kelas apresiasi film dua semester lalu. Saat itu asli gue benci banget sama dosen gue (I`m sorry..) yang selaluuuuu aja ngehina atau ngejelekin sisi apapun dari film Indonesia. Gue sebagai pecinta atau kalau mau lebih ekstrim, gue pemuja film Indonesia meskipun di luar sana banyak banget orang yang lebih suka menghujat, asli sebel banget sama dia.
Pandangan dosen gue tentang film Indonesia adalah kurangnya sisi kreatif dan tehnik yang dipake sangat jauh dari Hollywood! Ya iyalaaah, gue rasa setajir apapun Chand Parwez atau Nia diNata nggak akan bisa nyaingin film Hollywood secara teknis dan efek. Akan tetapi, film Ketika emang punya segi efek kurang banget, saat adegan jatuh dari gedung. Adegan lain yang ngebuat film ini kelihatan kurang realistis, contohnya adegan Si (gue lupa siapa) bawabawa sapi di tengah jalanan ibukota Jakarta. Is it make any sense diantara sejuta mobil berkeliaran di jalanan itu ada sapi nyempil dan tidak terjadi kehebohan apapun? Hmm..


Film dari novel, udah banyak banget kan? Dealova, karya kakak kelas gue di SMA ini salah satunya. Gue baca bukunya and i was touched by it. Sayangnya suasana itu nggak kebawa di filmnya. Yea, right there`s no such thing as an imagination that could brought into movie. Begitu juga kata Mas Ibnu Wahyudi, my Drama lecture.
Dan, lagilagi segi realistis suatu film sangat gue perhatiin di Dealova kurang banget tuh, sayang yah Mbak Dyan Nuranindya ceritanya dibuat agak anti-klimaks sama Mbak Dian.W.Sasmita. In another movie maybe you can write it yourself then satisfaction`s coming.

Nah, gimana dengan dua film yang menduduki peringkat teratas?
to be continued yah biar nggak bosen...

Oia, ada trivia quiz nih..

Tora Sudiro udah main bareng Indra Birowo loh dari dulu, hayoo di film apa? A. Bintang Jatuh B. Tragedy

3 comments:

aya said...

aLoha, Naa...

Dah lama nih gw ga komen2. Hehehe...
First, mo jawab kuisna dulu. Kalo gw ga salah, jawabannya B. Tragedy. Benar, tak?
Soale, di Bintang Jatuh prasaan kagak ada Tora Sudiro (gw udah nonton). Berhubung, yg kedua blom gw tonton jadi gw nebak yg itu. Tapi, bisa juga memori gw salah.

Nah, buat 2 film teratas gw mo komen dikit.

APA ARTINYA CINTA:
Film yg bener2 ngebuang duit percuma. Jauh2 syuting di luar negeri, tapi hasilnya cuma begitu.

HEART:
Untung visualisasinya lumayan bagus. Kalo dari segi alur ngebosenin. (thank God gw nonton di DVD, jadi bisa gw cepetin) Akting Irwansyah kaku banget, bo'!

n A a N a said...

iya jawaban anda BENAR !

tasya said...

alow.....na......
gue tasya,ya gue setuju banget ma loe,film apa artinya cinta,emang ngebosenin banget!!!!!dan seperinya masih lebih seru film eiffel...i'm in love