Thursday, February 24, 2011

A Valentine Afternoon With Duncan Sheik



Masih ingat Duncan Sheik yang dikenal dengan hits singlenya di tahun 90-an seperti Wishful Thinking, Bite My Tongue, dan Barely Breathing? Empat belas tahun kemudian, ia bersama Rachael Yamagata menggelar konser di Denpasar & di Jakarta tepat di hari Valentine 2011.

Duncan dan Indonesia

Tidak seperti kebanyakan musisi asing yang hanya menghabiskan satu dua malam di negara tujuan konsernya, Sheik sudah berada di Indonesia selama lebih kurang tiga minggu di Bali. Tidak heran, kulitnya tampak merah terbakar setibanya di Jakarta. Baginya, Indonesia ternyata bukanlah negara asing karena teman semasa kuliahnya tidak lain adalah orang Indonesia. Bahkan di New York, ia mengaku cukup akrab dengan makanan Indonesia seperti ayam bakar dan nasi goreng! Kalau kebanyakan orang asing anti dengan makanan pedas, tidak untuk Sheik “I only eat spicy food!”. Setelah menutup konsernya di Jakarta, Sheik akan kembali menikmati cerahnya matahari Ubud.

Duncan dan Hantu di Album Whisper House

Sering mengusung musik rock alternative, Sheik justru memenangi Grammy Awards 2008 untuk kategori Best Musical Show Album untuk album Spring Awakening. Sheik sendiri mengaku tidak begitu mencintai musik teatrikal itu, karena awalnya ia hanya membantu temannya di album Spring Awakening dengan satu syarat, “If only I can express my own aesthetic in music”. Tentang album teranyarnya, Whisper House yang dianggap orang lebih gloomy dibanding album-album terdahulunya, Sheik hanya menjawab sambil berkelakar, “That album is a ghost story. Ghosts are gloomy, right?”. Baginya, genre musiknya tidak perlu dikotak-kotakan selama ia masih bisa menikmati karya jenius lintas era mulai dari Peter Gabriel, Depeche Mode, The Smith, sampai New Order.

Duncan dan ‘World Peace’

Sheik masih percaya musik adalah cara terbaik menyebarkan cinta apalagi sejak ia mendalami ajaran Budha yang membuatnya jauh lebih tenang dan positif. “It’s simply, will be less war, less stupidity, less cruelty if the first thing to do is simply change yourself!’


Also featured on Geeksbible.com

No comments: