Friday, December 04, 2009

New Moon : Dear Bella, Why So Devoted?


Demam vampir kembali mengjangkiti Jakarta, setelah sebelumnya bioskop dibanjiri calon penonton yang ingin menikmati kiamat dalam layar perak.
Setelah tahun lalu, seri pertamanya, Twilight mencetak angka hampir $200 juta di seluruh dunia, kini sekuelnya menginjak angka $230 juta keuntungan baru di hari kesepuluh pemunculannya*. Yes, The Twilight Saga : New Moon kembali mewabah.

Di tahun kedua kemunculannya, cerita Bella dan Edward seolah makin complicated. Hubungan mereka yang menyisakan banyak pertentangan, mulai dari keluarga Cullen yang bisa berbalik membahayakan Bella,sampai akhirnya kepergian Edward yang membuat Bella seperti kehilangan pegangan.

Bella akhirnya mencari sandaran pada Jacob Black, sahabatnya yang merupakan werewolf. Time passed by, Bella mulai terbiasa dengan ketiadaan Edward dan sudah bisa memulai menerima Jacob. Tiba-tiba saja, Edward kembali lagi,ketika mengira Bella sudah tewas,Edward pun ingin menyerahkan diri ke Volturi. Bella yang tak ingin kehilangan Edward akhirnya menyusul ke Itali. Di sanalah akhirnya Edward harus mempertahankan diri dan Bella kembali ditantang untuk memilih bagaimana kelanjutan cintanya pada Edward atau Jacob.

Ending kisah cinta segitiga Bella-Edward-Jacob tentu sudah tidak perlu diceritakan pada penggemar Twilight karena pun sampai seri keempatnya, masih banyak twist yang mungkin akan ditawarkan. Di bawah arahan Chris Weitz, film ini masih mengusung warna-warna yang bisa mencirikan dinginnya Forks dan pucatnya sosok vampir itu sendiri. Warna-warna biru dan abu-abu mendominasi dengan sedikit sekali menampilkan kuning yang menyimbolkan terang dan hangatnya matahari. Latar film ini makin menunjukkan dinginnya suasana yang terbangun dari tiap tokohnya. Bella dengan teman-temannya, Bella dengan keluarga Cullen, Bella dengan Jacob, Bella dengan Charlie, bahkan Bella dengan Edward masih terasa dinginnya. Sikap Bella yang dingin pada Jacob namun berbalik hangat menimbulkan keheranan tersendiri, ketika ia tidak menentukan pilihannya, sang vampir atau manusia serigala. Bagi Bella, keduanya adalah cinta.
Terlihat dari dialog antara Bella dengan Jacob, begini,Jake, I love you. So please, don't make me choose. Cause it'll be him. It's always been him.
Bagaimana bisa ada dua cinta bagi Bella,kalau it's always been him, Edward?

Bella juga menunjukkan sebegitu ia memuja Edward, bahkan ketika ia akan ditinggalkan. Bella rela meninggalkan Charlie demi hidup abadinya dengan Edward, sebagai sesama vampir. Bella juga mendedikasikan sisa hidupnya untuk Edward.

Bella Swan: I'm coming with you!
Edward Cullen: Bella, I don't want you to come with me.
Bella Swan: You... You don't want me?
Edward Cullen: No.

Saat Edward berkata TIDAK, Bella masih mempertanyakan kembali dan justru itu sebagai punch line, Bella is so devoted to this vampire guy.
Well, buat temen-temen pecinta buku Stephanie Meyer ini tentu semua terasa menarik.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, Dakota Fanning sang pemeran Jane yang juga jadi pemanis yang cukup menarik. Jujur, dialah yang saya tunggu kemunculannya walau hanya sejenak. Meskipun perannya sangat sedikit, sosok Jane bisa menghapus image anak manis yang selama ini melekat pada Fanning.

Bagi saya, sepanjang hampir dua jam lebih itu kenikmatannya ada di dalam musik-musik yang mengiringi perjalanan Bella yang gloomy dan lagi-lagi dingin.
Lykke Li dengan suara tebalnya berhasil membuat suasana Forks kembali terasa saat lagu Possible diputar. Namun, juaranya buat saya tetap saja Thom Yorke dengan Hearing Damagenya yang jenius menghantarkan ke dalam New Moon tanpa kehilangan ciri khas Yorke, Good Job!

Ini list lagu soundtrack New Moon yang bisa dinikmati lewat CD originalnya atau situs download mp3 gratis lainnya :P
Enjoy!

1. DEATH CAB FOR CUTIE – MEET ME ON THE EQUINOX
2. BAND OF SKULLS – FRIENDS
3. THOM YORKE – HEARING DAMAGE
4. LYKKE LI – POSSIBILITY
5. THE KILLERS – A WHITE DEMON LOVE SONG
6. ANYA MARINA – SATELLITE HEART
7. MUSE – I BELONG TO YOU (NEW MOON REMIX)
8. BON IVER & ST. VINCENT – ROSYLN
9. BLACK REBEL MOTORCYCLE CLUB – DONE ALL WRONG
10. HURRICANE BELLS – MONSTERS
11. SEA WOLF – THE VIOLET HOUR
12. OK GO – SHOOTING THE MOON
13. GRIZZLY BEAR WITH VICTORIA LEGRAND – SLOW LIFE
14. EDITORS – NO SOUND BUT THE WIND
15. ALEXANDRE DESPLAT – NEW MOON (THE MEADOW)


*Data from Internet Movies Database

No comments: